WUJUD ZAT

1. Pengertian Zat (Ing: matter)

Zat atau materi adalah sesuatu yang menempati ruang dan memiliki massa. Menempati ruang berarti benda dapat ditempatkan dalam suatu ruang atau wadah tertentu sedangkan massa benda dapat diukur baik dengan perkiraan atau dengan alat tertentu seperti neraca. Dua zat tidak dapat menempati ruang yang sama dalam waktu bersamaan. Setiap zat / materi terdiri dari partikel-partikel / molekul-molekul yang menyusun zat tersebut.

chlorophyll_molecule

Ilustrasi molekul-molekul penyusun zat hijau daun

2. Massa Jenis Zat (kerapatan zat; Ing: density)

massajenis

Zat-zat yang sejenis pasti mempunyai massa jenis yang sama. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa massa jenis merupakan salah satu ciri khas suatu zat.

Dalam huruf Yunani massa jenis dinyatakan dalam huruf ρ (baca: rho) dan didefinisikan sebagai massa zat dibagi dengan volumenya.

rumus massajenis

Satuan dari massa jenis adalah kg/m3

Contoh massa jenis berbagai zat.

tabel massa jenis

3. Wujud Zat

Berdasarkan wujudnya zat dapat dibedakan menjadi tiga macam yaitu padat, cair, dan gas. Masing-masing wujud zat mempunyai ciri-ciri khusus baik dilihat dari bentuk fisiknya maupun partikel-partikel penyusunnya sebagai berikut:

A. Zat Gas

partikel gas
maggas

(jika tidak terlihat animasinya silahkan klik 2 x )

  1. Letak molekulnya sangat berjauhan
  2. Jarak antar molekul sangat jauh bila dibandingkan dengan molekul itu sendiri.
  3. Molekul penyusunnya bergerak sangat bebas
  4. Gaya tarik menarik antar molekul hampir tidak ada
  5. Baik volume maupun bentuknya mudah berubah
  6. Dapat mengisi seluruh ruangan yang ada.

Contoh : Udara

B. Zat Cair

Contoh : air, minyak, oli

  1. Letak molekulnya relatif berdekatan bila dibandingkan dengan gas tetapi lebih jauh daripada zat padat.
  2. Gerakan molekulnya cukup bebas
  3. Molekul dapat berpindah tempat, tetapi tidak mudah meninggalkan kelompoknya karena masih terdapat gaya tarik menarik.
  4. Bentuknya mudah berubah (menyesuaikan wadah/tempatnya) tetapi volumenya tetap.

liquid

magliq

(jika tidak terlihat animasinya silahkan klik 2 x )

C. Zat Padat

  1. Letak molekulnya sangat berdekatan dan teratur.
  2. Gaya tarik-menarik antar molekul sangat kuat sehingga gerakan molekulnya tidak bebas.
  3. Gerakan molekulnya terbatas, yaitu hanya bergetar dan berputar di tempat saja.
  4. Molekul-molekulnya sulit dipisahkan sehingga membuat bentuknya selalu tetap atau tidak berubah.
  5. Contoh: kayu, batu, besi

solid

magsolid

(jika tidak terlihat animasinya silahkan klik 2 x )

4. ADHESI DAN KOHESI

adhesiveWater_drop_animation_enhanced_small

Disamping terjadi interaksi antar molekul penyusun suatu zat, maka molekul penyusun suatu zat juga dapat bereaksi dengan molekul penyusun zat yang lainnya.

Adhesi

Adhesi adalah gaya tarik menarik antara molekul-molekul zat yang tidak sejenis.

Contoh:

  • Tinta dapat menempel di kertas
  • Kapur / tinta dapat menempel di papan tulis
  • Semen dapat melekatkan batu dengan pasir
  • Cat dapat menempel pada tembok

plasterpostit

Kohesi

Kohesi adalah adalah gaya tarik-menarik antara molekul yang sejenis.

Contoh:

  • gaya tarik menarik antara molekul kayu membentuk kayu
  • gaya tarik menarik antara molekuk kapur membentuk kapur batang
  • gaya tarik menarik antara molekul-molekul gula membentuk butiran gula pasir

1

Pengaruh gaya adhesi dan kohesi terhadap zat cair menyebabkan terjadinya peristiwa –peristiwa:

A. Meniskus cembung dan meniskus cekung

Jika adhesi lebih besar dari pada kohesi maka permukaan (meniskus) zat cair dalam pipa kapiler cekung, misalnya pada pipa yang diisi dengan air ( pipa kiri ). sebaliknya jika gaya kohesi lebih besar maka permukaan zat cair dalam pipa kapiler akan cembung, misalnya pipa yang diisi dengan air raksa ( pipa kanan).

FG11_29

Dalam kehidupan sehari-hari juga dapat dijumpai peristiwa adhesi dan kohesi, misalnya ketika ada air yang jatuh di atas permukaan daun tertentu akan membentuk bola air. Hal tersebut dikarenakan gaya kohesi lebih besar dari adhesi.

180px-Dew_2

B. Kapilaritas

Kapilaritas adalah meresapnya zat cair melalui celah-celah sempit atau pipa rambut yang disering disebut sebagai pipa kapiler. Gejala ini disebabkan karena adanya gaya adhesi atau kohesi antara zat cair dan dinding celah tersebut. Zat cair yang dapat membasahi dinding kaca pipa kapiler memiliki gaya adhesi antara pipa kapiler dengan dinding pipa kapiler lebih besar. Sedangkan zat cair yang tidak membasahi dinding kaca pipa kapiler memilki gaya kohesi yang lebih besar. Hal ini akan mempengaruhi tinggi rendahnya permukaan zat cair pada pipa kapiler.

capillary_499

Contoh kapilaritas dalam kehidupan sehari-hari:

  • Naiknya minyak tanah melalui sumbu kompor
  • Naiknya minyak tanah melalui sumbu pada lampu tempel
  • Baiknya air tanah sampai ke daun melalui pembuluh tapis
  • Menetesnya air pada kain dalam ember yang semampai

capillary actionFig-286-Capillary-Action-with-Horizontal-Extension

C. Tidak berlakunya hukum bejana berhubungan.

Jika pada bejana berhubungan terdapat pipa kapiler atau terdapat perbedaan yang signifikan dari diameter pipa-pipanya maka permukaan zat cair dalam pipa kecil akan lebih tinggi dibandingkan permukaanya pada pipa yang besar sehingga hukum bejana berhubungan tidak berlaku.


capillaryrise

60 Responses

  1. good subyek fisika

  2. semoga saya dapat menggunakan untuk menajar siswa saya dengan baik

  3. apakah wujud wujud suatu zat dpt berubah bila tekanannya di jaga konstan.bila suhunya tetap d jg konstan apakah wujud suatu zat dapat berubah?????????

  4. apakah titik didih air selama 100 derajat celcius adalah sm????????apakah es dpt dicairkan pada suhu 0 derajat celcius??????

  5. Thx.. nieh..
    dbnyakin lagi…
    bguna bgt bgi w unt nyelesain tgas dri guru…

  6. moga bermanfaat buat putri saya

  7. wah, blog ini bagus banget!! lumayan buat belajar…

  8. wahhh hebatt i love pysychs

  9. terima kasih…ini sangat membantu kita untuk lebih enjoy belajar fisika

  10. THX!!!!!!

  11. buuuuuuuuuusssssssssssssyyyyyyyyyyyyyyyeeeeeeeeeeeeeeeetttttttttttttttttttttttttttt baaaaaaaaaaannnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyaaaaaaaaaaaaaaaakkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk baaaaaaaaaaaannnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnggggggggggggggggeeeeeeeeeeeeeetttttttttttttttttttttttt daahhhh …hehe
    tapi gppa dech nmanya juga ilmu
    :)

  12. q0 cntoh kapilaritas.x cma dikit sich???

  13. Terima kasih materi ini tlh membantu saya tk menjelaskan materi wujud zat lbh bk lagi…

  14. singkat, padat, tepat untuk membuka pemikiran bahwa ilmu pasti sebenarnya enak untuk dipelajari.

  15. WOW…….FISIKA ASIK BERAT !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    Makanya blajar fisika, kalo gak rugi !

  16. good
    belajar fisika

  17. Terjadi kesalaha pd cth kapilaritas, hrsnya pembuluh kayu. Thanks subyeknya

  18. ini memang web yang sngt bagus untuk anagh skull sprti q

  19. saya mau tanya tentang pipa kapiler, tadi disebutkan bahwa “Jika pada bejana berhubungan terdapat pipa kapiler atau terdapat perbedaan yang signifikan dari diameter pipa-pipanya maka permukaan zat cair dalam pipa kecil akan lebih tinggi dibandingkan permukaanya pada pipa yang besar” hal itu bisa dihitung dengan rumus tekanan tidak? mohon penjelasannya dan cara hitungannya.. sehingga dapat diketahui perbedaan tinggi yang dihasilkan jika diketahui kedua diameter dari 2 bejana berhubungan yang mempunyai beda diameter.. terimakasih jawabannya.. kalau bisa dijawab di email saya juga..

  20. KENAPA FISIKA ITU

  21. alhamdulillah jum’at dpan q bs tampil k depan. dgn izin allah n blog nie,q bs!!! thx b4….

  22. jika diameter tangki 2 meter dan dihubungkan dengan pipa vertical berdiameter 2 cm, apakah berlaku hukum bejana berhubungan atau hukum kapilaritas yang berlaku? tx

  23. gambarnya sangat membantu penjelasannya juga mudah dipahami. i like it

  24. terimakasih atas penjelasannya,sekarang saya mengerti apa itu zat,molekul,adhesi,dan kohesi : )

  25. saya ingin memahami tentang fisika

  26. saya mau bertanya pak: mengapa klo es di biarkan bgitu saja akan mencair, sedangkan kklo air kta biar bgitu saja tidak membeku?

  27. tx for teks

  28. Luar biasa bagus banget untuk pembelajaran

  29. thaks…ini sangat membantu saya…

  30. maw download susah yah

  31. Bantuin saya yaa….
    Saya ada tugas membuat presentasi tentang wujud zat.
    Kalau ada lnnya tlng infonya ya :) trims

  32. I think your blog is help me to do my homework…
    Thanks

  33. Gambarnya keren, buat sendiri ya?

  34. hampirr smua ada ya ..
    bca ny jga jlas ,dan nymbung ..
    lumayan bwt nmbah2 tugas fisika .. hheheh :D

  35. memble :P

  36. ah payah bani ubanan hahahahahahahahsahhahahaha :D kocak bejon

  37. mudah-mudahan saya mendapatkan nilai yg bagus karena telamendapatkan info ini
    thanks.

  38. wow, it’s very nice and good.amazing thanks

  39. bodo tu

  40. massa jenis

  41. Wah, Bagus Tuch,,,,,,,,,,,,”>-<"

  42. Pak Untuk belajar bikin animasinya pake program apa ?

  43. Terima kasih atas semuanya,saya bisa belajar Fisika dengan baik

  44. Kereeen…. so tengkyuu..! ini sangat membantu banget utk menjelaskn ke anak saya. sip. sukses yaa..

  45. semoga siswa saya dapat belajar dgn malas

  46. Thankyou very much,tugas saya berhasil :)

  47. smoga bisa membantu saya pada saat mengajar…

  48. Bagus … !

  49. thank you

  50. mantaaaap

  51. hehehe bisa ngebantu saya ngrjain tugas deh :D

  52. Lengkap bgt. Jempol deh. (y)

  53. hebat, saya ada pertanyaan apa ada zat selain padat,cair,dan gas

  54. masih sedikit gak ngeri nih

  55. Kok tegangan permukaan ngga’ ada ya ?

  56. apa yg dimaksud besaran vektoor

  57. terima kasih,semoga menjadi amal baiknya

  58. makasih…mas Bro..

  59. wowwwwwwwwwwww good good…………………………………………………!

  60. berguna bagetttttttttttttt thx yaaa :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 49 other followers

%d bloggers like this: