Wisata Sambil Belajar Sains di Yogyakarta


Taman Pintar Yogyakarta

taman pintar

Musim liburan sekolah telah tiba. Berbagai kegiaatan telah dirancang oleh para siswa untuk mengisi liburan ini dengan berbagai kegiatan yang positif. Nah, salah satu kegiatan yang mungkin menarik para siswa adalah berwisata sambil mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Yogyakarta khususnya di Taman Pintar.

peta

Taman Pintar Yogyakarta yang terletak di pusat kota ini dibagi dalam 4 area yakni Playground, Gedung Heritage, Gedung Oval, Gedung Kotak dan Memorabilia. Gedung Kotak sebagai sarana pembelajaran sains , teknologi dan kearifan lokal, memiliki beberapa antara lain, zona pengolahan minyak bumi, yang memberikan pembelajaran kepada pengunjung tentang proses pengolahanminyak bumi, jenis – jenis bahan bakar hasil olahan minyak bumi serta proses industri minyak bumi dari hulu (pengeboran minyak) sampai ke hilir ( penjualan di POM atau agen ). Juga terdapat zona jembatan sains yang terbagi dalam beberapa zona lagi seperti zona kimia , zona biologi, dan zona matematika.

Zona Kimia. Di zona ini anak-anak diajak bermain sambil belajar ilmukimia. Sub zona ini menampilkan alat peraga antara lain sistem periodik, Air Ajaib yang menerangkan tentang kesetimbangan larutan campuran KOH dan Glukosa yang diteteskan Metilen Blue, ketika tenang bersifat basa (warna bening) ketika dikocok bersifat asam (berwarna biru). Di Zona itu pula disuguhkan Tarian Bola Kamfer yang menjelaskan tentang reaksi bola kamfer dengan Asam Osalat dan NaHCO3 yang dilarutkan dalam air . Juga Replika Bicromate Cell, yakni baterai kering menggunakan potasiumbicromate sebagai elektrolitnya.

Zona Biologi. Di zona ini pengunjung dikenalkan bagaimana menyusun tubuh manusia, mengetahui peredaran darah, microvideo (mikroskop digital yang dihubungkan ke TV), mas jerangkong, panca indera, ekosistem, rantai makanan, sistem hidup binatang, metamorfosis katak, metamorfosis serangka, sistem hidup tumbuhan, dan bioteknologi. Sedangkan di zona Matematika pengunjung akan dikenalkan dengan permainan angka, umur garfitasi, bentuk bangun, peraga roda kotak, slot hiperbolik, dan plengkung.
JAM BUKA:
Setiap hari Selasa hingga Minggu pukul 09.00 – 16.00 WIB (Hari Senin Tutup)

Khusus untuk musim liburan sekolah, hari  Senin dibuka

FASILITAS:
– Alat peraga iptek interaktif
– ruang pameran dan audiovisual
– Food court
– Mushola
– Toko suvenir
– Pusat Informasi

Tarif  dan Prosedur Rombongan

Prosedur dan ketentuan kunjungan, khusus rombongan siswa dan guru, sebagai berikut :

  1. Konfirmasi dan pendaftaran kunjungan Rombongan siswa & guru disampaikan melalui Surat Pemberitahuan dari sekolah (formal) yang ditujukan ke Kantor Pengelolaan Taman Pintar, maksimal 3 (tiga) hari sebelum tanggal kunjungan (bisa via telepon atau faksimili) .
  2. Minimal jumlah rombongan siswa & guru yang mendapat tarif khusus rombongan adalah 20 (duapuluh) orang (khusus kunjungan Selasa  – Sabtu).
  3. Mengisi Formulir Pendaftaran Kunjungan Rombongan yang tersedia pada Petugas.
  4. umlah peserta yang tertera pada Formulir Kartu Kunjungan Rombongan harus sesuai dengan jumlah sebenarnya, karena jumlah tiket yang telah terbeli tidak dapat ditukar/dikembalikan.
  5. Tarif tiket Taman Pintar Yogyakarta yang berlaku saat ini (berdasarkan Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 42 Tahun 2008 tentang Perubahan Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 32 Tahun 2007 tentang Besaran Tarif Masuk Per Zona di Taman Pintar Kota Yogyakarta) adalah sebagai berikut :
  • Gedung Oval & Gedung Kotak Lt. II (anak-anak & rombongan siswa-guru) : Rp. 5.000,-
  • Gedung Oval (dewasa/umum) : Rp. 10.000,-
  • Gedung Heritage (PAUD) Barat (anak usia 2 – 7 tahun) : Rp. 1.000,-
  • Gedung Heritage (PAUD) Timur (anak usia 2 – 7 tahun) : Rp. 1.000,-
  • Gedung Memorabilia (anak-anak & rombongan siswa-guru) Rp 1.000,-
  • Gedung Memorabilia (dewasa) Rp. 2.000,-
  • Khusus pada hari Minggu dan Libur Nasional semua pengunjung diberlakukan tarif umum.
  • Setiap Senin Taman Pintar Yogyakarta tutup layanan, kecuali Hari Libur Nasional.
  • Layanan Loket Tiket buka pukul 09.00 – 16.00 WIB

Museum Biologi Yogyakarta ( MBY )

museum biologi

Tak jauh dari Taman Pintar, kurang lebih 1 km ke arah timur akan dijumpai Museum Biologi Yogyakarta. Seekor kadal berjumbai dari Papua dan Harimau Sumatera adalah dua dari hewan langka yang dilindungi pemerintah koleksi MBY ini. Saat ini museum hayati tersebut menyimpan sekitar 3.700 jenis spesies. Sebanyak 70 persen dari koleksi merupakan preparat tanaman, sedangkan sisanya merupakan preparat hewan.

Keberadaan museum hayati milik Fakultas Biologi UGM ini memiliki peran penting bagi pendidikan mahasiswa bidang ilmu hayati dan merupakan salah satu sumber informasi hayati utama di Yogyakarta. Sehingga tidak salah jika anak-anak, pelajar dan mahasiswa, serta pecinta hewan maupun tumbuhan datang untuk belajar, sekaligus berwisata.

museum biologi jam

One Response

  1. MAKASIH YA CERITANYA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: