Materi Pembelajaran, Strategi Pembelajaran

SehatQ.com, sumber informasi kesehatan terpercaya, akurat, dan lengkap yang sangat membantu dalam pembelajaran IPA Biologi di sekolah dan di keluarga


gambarjudul

Materi pelajaran IPA Biologi di SMP mempunyai kaitan yang sangat erat dengan bidang kesehatan khususnya pada materi tentang sistem-sistem pada tubuh manusia seperti sistem reproduksi, sistem ekskresi, sistem pernafasan, sistem pencernaan, Sistem saraf, sistem gerak, sistem peredaran darah dan materi lainnya. Pada saat membahas materi-materi tersebut peserta didik tidak hanya diperkenalkan dengan nama dan fungsi organ-organ tubuh yang termasuk dalam suatu sistem tetapi juga gangguan / penyakit yang terjadi dan menyerang organ-organ tersebut. Tidak cukup diperkenalkan dengan pengetahuan tentang penyakit saja, tetapi peserta didik juga dibekali dengan bagaimana cara pencegahan-nya.
Ketika materi pelajaran ini disampaikan ke peserta didik, mereka berhak mendapatkan informasi yang akurat, jelas dan mudah dipahami. Salah satu kendala besar agar peserta didik mendapatkan haknya tersebut adalah latar pendidikan penulis yaitu pendidikan fisika yang walaupun sama-sama satu keluarga IPA tetapi karakter materi-nya sangat berbeda. Oleh karena itu, sebelum menyampaikan materi tentang sistem-sistem yang bekerja pada tubuh manusia penulis harus mencari sumber informasi tentang materi ajar tersebut yang isinya juga akurat, dapat dipertanggungjawabkan, dan jelas sehingga mudah dipahami. Buku materi ajar seperti buku guru dan buku siswa memang sudah ada, tetapi bagi penulis buku-buku tersebut belum bisa membantu memahami materi ajar secara lebih mendalam sehingga juga belum bisa membantu peserta didik untuk memahami konsep tentang materi ajar tersebut.
Kendala tersebut akhirnya dapat teratasi ketika penulis menjumpai website kesehatan sehatq.com, sebuah website yang di dalamnya terdapat artikel tentang berbagai penyakit dan pencegahannya dan direktori khusus yang membahas tentang hampir semua penyakit secara komprehensif meliputi pengertian tentang suatu penyakit, gejala-gejalanya, penyebabnya, diagnosis-nya, pengobatannya, pencegahan-nya, dan kapan harus konsultasi ke dokter. Wow… informasi tentang penyakit yang begitu jelas dan lengkap sekali yang tidak bisa didapatkan dari sumber lain termasuk buku-buku materi ajar IPA SMP. Bukan hanya itu saja, bahasa penulisan yang mudah dimengerti oleh orang yang awam tentang istilah-istilah kesehatan juga sangat membantu didalam memahami informasi yang disampaikan dalam website tersebut.
Dengan modal membaca dan mempelajari informasi yang ada di sehatq.com ini, penulis selaku guru IPA yang walaupun berlatar belakang pendidikan fisika, mempunyai kepercayaan yang tinggi ketika harus menyampaikan materi tentang berbagai sistem yang bekerja pada tubuh manusia. Kepercayaan diri tersebut muncul dikarenakan informasi yang ada di website tersebut melebihi dari yang ada di buku ajar yang dipunyai oleh peserta didik sehingga ketika ada pertanyaan tentang penyakit yang tidak ada di buku ajar, penulis siap untuk menjawabnya karena jawabannya pasti ada di website tersebut. Jika sekalipun tidak ada di website, penulis dapat menanyakan lewat menu tanya dokter yang ada pada direktori Forum Kesehatan.
Masalah berikutnya adalah bagaimana informasi yang bagus dan melimpah ini bisa sampai ke peserta didik, dapat dipahami, dan bermanfaat dalam kehidupan mereka? Di waktu pembelajaran yang sangat terbatas, sebagai contoh untuk penyakit sistem reproduksi pada manusia hanya diberi waktu 2 x 40 menit, maka tidaklah mungkin menyampaikan seluruh materi tentang penyakit pada sistem reproduksi yang ada dalam website ini kepada peserta didik pada jam pembelajaran. Salah satu solusinya adalah dengan memberi tugas rumah kepada peserta didik untuk membuka website sehatq.com, mencari, membaca, dan mempelajari artikel yang berkaitan dengan materi pelajaran yang sedang dipelajari serta dibuat ringkasan-nya sebagai bentuk laporan kepada guru. Agar informasi dari sehatq.com tidak sekedar menjadi pengetahuan belaka, peserta didik dengan pendampingan orangtuanya juga dapat diberi tugas untuk mencari informasi tentang orang-orang disekitar mereka yang sedang sakit dan mempunyai gejala-gejala yang mirip atau sama seperti yang diuraikan dalam website tersebut. Jika ditemukan, peserta didik (dengan pendampingan orangtuanya) dapat menyampaikan langkah-langkah yang harus diambil oleh orang tersebut berdasarkan informasi yang ada di sehatq.com. Inilah yang disebut sebagai pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik, dimana pengetahuan yang didapat dari bangku sekolah dapat dimanfaatkan untuk membantu orang lain.
Berdasarkan uraian di atas, maka penulis menyarankan kepada rekan-rekan guru IPA SMP dan Biologi SMA, mari manfaatkan sehatq.com sebagai sumber informasi kesehatan yang melimpah, akurat, terpercaya dan lengkap untuk memperkaya pengetahuan akan materi ajar tentang penyakit-penyakit dalam berbagai sistem yang ada di tubuh manusia dan memanfaatkannya baik untuk kehidupan keluarga kita dan juga untuk disampaikan kepada peserta didik kita. Berdasarkan akurasi data dan tingkat kepercayaannya, jelas bahwa informasi yang ada di website tersebut lebih akurat dan dapat dipercaya bila dibanding dengan sumber lainnya karena ditulis oleh orang yang ahli dibidang-nya dan juga yang sehari-hari berhadapan dengan apa yang ditulisnya. Akhirnya, terima kasih buat para penulis di sehatq.com, kerja kerasnya tidaklah sia-sia karena ternyata sangat bermanfaat bagi banyak orang, khususnya bagi guru dan siswa yang mengaksesnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s