Materi Pembelajaran

Listrik Statis


Listrik statik adalah bagian ilmu Fisika yang menjelaskan tentang muatan listrik yang tidak bergerak, sedangkan bagian ilmu Fisika yang menjelaskan muatan listrik yang bergerak di sebut listrik dinamis ( arus listrik)

  1. Benda Dapat Bermuatan Listrik
    Di bawah ini beberapa contoh Fenomena / Peristiwa sehari-hari yang berhubungan dengan Listrik Statis

Bagaimanakah sebuah benda dapat bermuatan listrik?

Setiap benda tersusun atas atom-atom, Contoh, jika batang karbon pada yang dijadikan isi pensil, dibagi menjadi bagian  tidak dapat dibagi lagi, maka bagian terkecil itu disebut sebagai atom. Kata atom sendiri dalam bahasa Yunani dari kata a ( tidak) dan tomos ( dibagi ). Dengan kata lain atom adalah satuan dasar materi / benda.

Atom terdiri dari Inti atom dan elektron yang mengelilinginya. Inti atom sendiri terdiri dari Proton dan Neutron. Di dalam atom inilah terdapat muatan listrik, dimana Proton sebagai muatan positif dan elektron sebagai muatan negatif. Atom yang stabil akan mempunyai jumlah proton dan ekektron yang sama, sehingga dikatakan juga sebagai atom yang tidak bermuatan  listrik.

Di dalam atom, antara proton  dan neutron  terikat dengan gaya yang sangat kuat, jauh lebih kuat dari gaya tolak antar proton, sehingga membuat keduanya sulit lepas dari atom. Sedangkan antara inti atom dan elektron mempunyai gaya ikat yang cukup lemah sehingga elektron mudah lepas dari atom dan pindah ke atom yang lainnya.  Sebagai contoh, hanya dengan menyisir rambt dapat membuat elektron pada rambut lepas dan pindah ke sisir.Perpindahan elektron inilah yang menyebabkan benda bermuatan listrik.  Benda yang melepas alektron akan bermuatan positif, sedangkan benda yang menerima elektron akan bermuatan negatif.

Gambar di atas merupakan Deret Triboelektrik yang “mengatur”  muatan benda-benda setelah saling digosokan. Jika benda sebelah kanan digosok dengan benda sebelah kirinya, maka benda yang di sebelah kanan akan bermuatan positif sedangkan benda di sebelah kiri akan bermuatan negatif.

Contoh : bila  sisir yang terbuat dari mika / plastik digosokkan pada rambut, maka rambut akan bermuatan positif dan sisir  bermuatan negatif.  Dengan  kata lain, rambut akan melepaskan elektron sehingga muatan positifnya lebih banyak dari muatan negatif  dan sisir  akan menerima elektron sehingga muatan negatif lebih banyak dari muatan positifnya.

Untuk lebih jelasnya, silahkan mainkan simulasi tentang balon yang digosok dengan kain di bawah ini.

Benda – benda yang bermuatan sejenis ( positif dengan positif,  negatif dengan negati ) akan tolak menolak, sedangkan yang bermuatan tidak sejenis ( positif dengan negatif ) akan tarik menarik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s