Karya Tulis

Pembelajaran Listrik Dinamis dengan 3i ( Analogi, Inkuiri, dan Simulasi) sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan prosedur pelaksanaan pembelajaran dengan analogi, inkuiri terbimbing, dan simulasi komputer. 2) Mengetahui peningkatan prestasi belajar tentang Arus Listrik dan Hukum Ohm  siswa kelas IXASMPN 2 Tanjungsari Gunungkidul setelah diterapkan pembelajaran dengan analogi, inkuiri, dan sumulasi komputer.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dimulai dengan tahap perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, hingga refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IXA semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan pada tiap akhir siklus dilakukan evaluasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi, angket, dan test. Penelitian ini diawali dengan observasi pra-penelitian untuk mengetahui proses pembelajaran yang telah dilaksanakan dan untuk memperoleh data nilai siswa. Dalam proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model analogi, inkuiri, dan simulasi komputer dalam setiap pertemuan. Hasil dari penelitian ini antara lain: 1) Penggunaan analogi harus memperhatikan tingkat keakraban siswa dengan analog agar konsep target yang hendak diajarkan dapat diterima siswa dengan mudah dan siswa dapat membuat hipotesis tentang konsep target berdasarkan pengamatan terhadap analogi tersebut. Pembelajaran inkuiri bertujuan agar siswa menemukan sendiri konsep target dengan pembuktian hipotesis  melalui percobaan. Konsep yang telah ditemukan oleh siswa diperdalam dan diperkuat dengan simulasi komputer. 2) Penelitian ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa. Pada pra-penelian nilai rata-rata ulangan harian, PTS, UAS, PAT selalu di bawah 60. Pada penelitian ini nilai rata-rata siswa mencapai 84, 06. Juga terjadi peningkatan keaktifan  dan pehatian siswa serta ketertarikan siswa mengikuti pembelajaran,

Kata kunci : analogi, inkuiri, simulasi, penguasaan konsep

Karya Tulis ini sudah dipublikasikan di Prosiding Simposiun Nasional Guru IPA Tahun 2019 di sini.

Tinggalkan komentar