CATS, Materi Pembelajaran

Jalan-jalan ke Gembiraloka (Seri 2)


(Materi Pelajaran : Suhu dan Pengukurannya )

Halo teman-teman Katy, senang bertemu kembali dalam CATS ini…

Yuk simak kembali ceritaku ketika ke  kebun binatang Gembiraloka…

Oh ya, walaupun tempat wisata seperti Gembiraloka Zoo ini sudah dibuka dan dikunjungi wisatawan lagi, pengunjung harus tetap mematuhi protokol kesehatan seperti harus sudah divaksin, memakai masker, jaga jarak, dan tentunya diperiksa suhu badannya terlebih dahulu.

Berikut ini ketentuan bagi teman-teman yang mau berkunjung ke Bonbin.

Pengukuran suhu tubuh di Gembiraloka Zoo – sumber http://www.gembiralokazoo.com

Ketika suhu badan kami diperiksa, ternyata suhu badanku adalah yang paling rendah diantara kami berdelapan, dan suhu kakekku yang paling tinggi.

Tentu, diantara teman-teman ada yang bertama apakah arti tulisan 36,3 oC di Thermogun?

Seperti yang teman-teman ingat, suhu itu termasuk dalam satu besaran pokok, jadi 36,3 itu adalah suhu badanku dan oC adalah satuannya, tetapi bukan satuan international (SI) -nya, karena satuan international dari suhu adalah Kelvin (K) ( tidak pakai “derajat” )

Nah apakah itu pengertian dari suhu itu? Dari penjelasan Pak Guru kemarin, suhu adalah besaran yang menyatakan ukuran tingkat panas atau dingin dari suatu benda. Dengan tangan, kita dapat mengetahui suatu benda itu dingin, hangat, atau panas saja, tetapi sejauh mana tingkat atau derajat panas  atau dinginnya suatu benda tangan kita tidak dapat untuk menentukannya. Untuk itu diperlukan alat yang dapat digunakan mengukur suhu dan  mengtehaui sejauh mana derajat kepanasaanya.  Alat yang digunakan untuk mengukur suhu disebut thermometer, dari kata bahasa Latin “thermo” yang artinya panas dan “meter” yang berati untuk mengukur.

Dari penelurusanku di “Mbah” Google, ternyata orang yang pertama kali membuat thermometer modern adalah  Daniel Gabriel Fahrenheit (1686-1736),

Ia adalah seorang fisikawan Jerman yang membuat thermometer alkohol pada tahun 1709 dan termometer air raksa di 1714. Skala Suhu Fahrenheit kemudian dikembangkan pada tahun 1724.

Fahrenheit mengukur temperatur air  mendidih (titik didih air) tepat 212 o pada skala nya dan temperatur air membeku (titik beku air)   32 °, sehingga  interval antara titik beku dan titik didih air adalah 180 derajat. Fahrenheit  mengukur suhu tubuh berada pada 98,6 ° F. Skala Fahrenheit masih umum digunakan di Amerika Serikat.

Tokoh kedua yang membuat skala thermometer modern adalah Andreas Celsius (1701-1744).

Ia adalah seorang astronom Swedia yang dikenal dengan  skala celcius yang dibuat pada pada tahun 1742.  Kalau Fahrenheit membuat interval antara titik beku air dan titik didih air sebesar 180 skala maka  Celsius membagi perbedaan suhu antara titik beku dan titik didih air menjadi 100 derajat. Pada skala Celcius ini titik beku air ditetapkan pada 0 ° C dan titik didih air pada 100 ° C. Dalam penelitian ilmiah  Skala Celsius lebih diutamakan dari skala Fahrenheit  karena lebih mudah digunakan dengan format dasar sepuluh dari Sistem Internasional (SI).  Dalam pengukuran suhu, skala Celsius sangat umum digunakan di sebagian besar negara di dunia selain Amerika Serikat.

Tokoh ketiga pembuat skala thermometer modern adalah Lord William Kelvin (1824-1907).

Ia  adalah seorang ahli fisika Skotlandia yang merancang sakala Kelvin (K) pada tahun 1854. Skala Kelvin didasarkan pada gagasan suhu nol mutlak, suhu teoritis di mana semua gerak molekul berhenti dan tidak ada energi yang dapat terdeteksi. Secara teori, titik nol pada skala Kelvin adalah suhu terendah yang ada di alam semesta yang jika dinyatakan dalam skala Celcius  sama dengan  -273 ºC. Skala Kelvin menggunakan skala yang sama dengan skala Celcius yaitu 100 skala. Sehingga kalau titik  nol mutlak sama dengan  -273 ºC. Maka titik beku air adalah 273 K  (skala kelvin tidak ditambah istilah “derajat” atau simbol º), dan  titik didik air adalah 373 K.

Salah satu alasan mengapa skala Kelvin dipilih sebagai satuan internasional untuk suhu adalah tidak adanya suhu negatif pada skala Kelvin karena suhu terendah di alam semesta ini adalah 0 K. Alasan lainnya karena interval skalanya sama dengan skala Celcius yaitu 100 sklala.

Ilmuwan keempat yang membuat skala thermometer modern adalah  René Antoine Ferchault de Réaumur.

Ia seorang ilmuwan dari Perancis yang mengusulkan skala thermometernya  pada tahun 1731. Titik beku air adalah 0 derajat  (O oR), dan titik didih air  adalah 80 derajat (80 0R). Jadi, satu derajat Réaumur sama dengan 1,25 derajat Celsius atau 274,25 kelvin.

Skala ini mulanya dibuat dengan alkhohol yang sudah agak membusuk, jadi termometer Réaumur yang dibuat dengan raksa sebenarnya bukan termometer Réaumur asli. Réaumur mungkin memilih angka 80 karena dapat dibagi-dua sebanyak 4 kali dengan hasil bilangan bulat (40, 20, 10, 5), sedangkan 100 hanya dapat dibagi 2 kali dengan hasil bilangan bulat (50, 25).

Skala Réaumur digunakan secara luas di Eropa, terutama di Prancis dan Jerman, tetapi kemudian digantikan oleh Celsius. Saat ini skala Réaumur jarang digunakan kecuali di industri permen dan keju.

Bagaimana ya kalau kita diminta menonversikan suhu dari skala suatu thermoter ke thermometer lainnya?

Berikut rumus umum dari konversi suhu dari thermometer 1 ke thermometer 2 :

Rumus umum konversi suhu antar skala thermometer.

Sebagai contoh, di Gembiraloka Zoo ini ada koleksi hewan yang paling menjadi daya tarik pengunjung yaitu Penguin Jackass

Penguin Jackass koleksi Gembiraloka Zoo

Tahukah teman-teman, bahwa Penguin ini habitat aslinya berada di Benua Afrika dengan suhu maksimal yang membuat Penguin ini tetap nyaman adalah 68oF. Jika suhu tersebut dinyatakan dalam skala Celcius berapa ya?

Dari data tentang bermacam-macam skala thermometer di atas dan rumus umum konversi suhu, maka dapat diketahui sebagai berikut :

T1 = Suhu dalam skala Celcius ( yang akan dicari)

TIba = Suhu titik beku air skala Celcius = 0

T1da = Suhu titik didih air skala Celcius = 100

T2 = Suhu dalam skala Fahrenheit = 68

T2ba = Suhu titik beku air skala Fahrenheit = 32

T2da = Suhu titik didih air skala Fahrenheit = 212

Kemudian data-data di atas dimasukkan ke dalam persamaan konversi suhu :

Jadi, apabila suhu 68 oF dinyatakan dalam skala Celcius hasilnya sama dengan 20 oC.

Coba teman-teman bandingkan suhu habitat asli Penguin Jackass ini dengan suhu udara di D,I. Yogyakarta berikut:

Nah, teman-teman, seandainya aku membuat sendiri skala thermometer, yang aku berinama skala Duta, dimana titik beku air aku beri angka 10 ( 10 oD) dan titik didih air aku beri angka 70 ( 70 oD), maka suhu 20oC jika dinyatakan dalam skala thermometer-ku hasilnya berapa ya?

Seperti biasanya ditulis dulu apa yang diketahui:

T1 = Suhu dalam skala Duta ( yang akan dicari)

TIba = Suhu titik beku air skala Duta = 10

T1da = Suhu titik didih air skala Duta = 70

T2 = Suhu dalam skala Celcius = 20

T2ba = Suhu titik beku air skala Celcius = 0

T2da = Suhu titik didih air skala Celcius = 100

Data – data dimasukkan ke rumus umum konversi suhu :

Nah, sekarang teman-teman tidak bingung kan, kalau diminta mengorversi suhu dari suatu skala thermometer ke skala thermometer lainnya?

Oh ya teman – teman, thermogun yang digunakan untuk mengukur suhu tubuh pada saat kita berskunjung ke tempat-tempat wisata yang telah dibuka untuk umum atau masuk sekolah pada saat PTMT itu adalah jenis thermometer infrared atau infra merah karena menggunakan sinar infra merah sebagai sensor suhu tubuh kita. Lalu yang digunakan oleh petugas di ruangan penguin itu thermometer jenis apa ya?

Pada umumnya untuk mengetahui suhu ruangan digunakan hermometer dinding atau thermometer higrometer. Ada yang manual maupun yang digital. Skala Termometer ini juga dibatasi sesuai dengan rentangan suhu ruangan minimum dan maksimumya, sehingga juga disebut termometer minimum maksimum.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s