Sains dalam Hobi

Ada keterkaitan yang erat antara sains dan hobi. Orang yang hobi akan sesuatu, biasanya akanmencoba mencari tahu sebanyak mungkin tentang objek dari hobinya tersebut. Sebagai contoh, jika seseorang mempunyai hobi memelihara ikan Koi, ia akan mencari sedetail mungkin tentang ikan Koi, mulai dari jenis-jenisnya, makanannya, habitat hidupnya, cara reproduksinya, dan lainnya. Pengetahuan yang didapat tentang ikan Koi tersebut akan semakin membuat ia mencitai hobinya dan membuat ia menjadi ahli tentang ikan Koi. Selanjutnya dari sekedar hobi akan menjadi pembudidaya ikan Koi.

Sains yang dipelajari di dalam sesorang menekuni hobi akan lebih mudah dipahami karena dilakukan dalam suasana hati yang senang. Nah, lewat blog ini, saya akan berbagi pengetahuan tentang objek hobi saya yang beberapa waktu ini saya tekuni sewaktu mengisi hari-hari WFH di masa pandemi COVID-19.

  1. Pengetahuan dari Hobi memelihara Ikan Nilem

Memelihara Ikan Nilem sebernarnya terispirasi dari sedang ngetrend-nya terapi dengan gigitan ikan yang ada di beberapa tempat wisata yang kami kunjungi, dan juga anak-anak yang suka bermain dengan ikan. Apalagi di masa pandemi COVID-19 dimana waktu kerjakan banyak dihabiskan di rumah dan tempat wisata juga ditutup, maka munculah ide bagaimana kalau membuat kolam ikan terapi sendiri. Baca selanjutnya ….