CATS, Materi Pembelajaran

Jalan-jalan ke Bonbin Gembiraloka


Seri 1

( Materi Pelajaran : Klasifikasi Hewan )

Halo teman-teman, perkenalkan namaku Katy. Aku duduk di kelas VII SMP DuTa. Aku suka menceriterakan pengalamanku belajar tentang sains (IPA) yang menyenangkan dan menarik. Yuk ikuti terus ceritaku ya!

Sabtu pagi ini aku senang sekali karena pamanku yang dari Jakarta  nanti siang mengajakku jalan-jalan ke kebun binatang. Kebetulan sekali karena kebun binatang yang akan kami kunjungi sudah dibuka kembali untuk wisatawan setelah beberapa bulan ditutup karena pandemi COVID-19. Kesenanganku berlipat ganda karena betepatan waktunya dengan materi pelajaran IPA yang baru saja  dibahas oleh Pak Guru yaitu tentang klasifikasi hewan sehingga aku dapat melihat secara langsung berbagai macam dan jenis hewan-hewan khususnya yang ada di kebun binatang yang akan kami kunjungi.

Rencananya, aku nanti akan mengambil foto dari semua hewan yang ada dan tidak lupa melabeli foto tersebut dengan nama  hewannya baik nama dalam bahasa Indonesia dan menurut nama ilmiahnya, karena menurut pamanku, hewan-hewan yang ada di kebun binatang diberi label  nama ilmiah dan asal atau habitat aslinya. Untuk itulah, pagi ini baterai handphone harus sudah terisi full 100% dan sebagai cadangannya sudah aku siapkan powerbank-nya. Tidak lupa disiapkan buku tulis untuk mencatat nama hewan yang telah diambil fotonya beserta keterangannya.

Jam 08.00 kami mulai meninggalkan rumah dengan menggunakan mobil pribadi pamanku. Ada delapan orang yang ada di dalam mobil, paman dan bibi beserta Rista  puteri mereka yang baru duduk di kelas 1 SD, jadi ia adalah adik sepupuku. Kemudian, ayah,ibu beserta kakek dan nenekku, dan tentu aku sendiri. Menurut paman, rute yang akan kami lalui adalah dari rumah ke utara menuju Kota Wonosari dengan jarak tempuh 20 km. Kemudian dari Wonosari ke arah barat laut menuju Kota Yogyakarta dengan jarak tempuh 40 km. Pada saat akhir pekan seperti saat ini, di mana banyak wisatawan dari Kota Yogyakarta dan sekitarnya yang berkunjung ke pantai-pantai di Gunungkidul, maka waktu tempuh dari rumah menuju kebun  binatang sekitar 1,5 jam.

Sesampainya di Duwetsari, tepatnya di Jl.Baron No. 16,  paman membelokkan mobilnya ke kanan   untuk mengambil uang di ATM sekaligus mengisi BBM. Paman mengisi mobilnya dengan BBM jenis Pertamax sebanyak 10 liter. Menurut paman, 10 liter Pertamax cukup untuk  perjalanan ke kota Yogyakarta pergi pulang.  SPBU ini cukup luas. Dengan menggunakan aplikasi Google Maps, aku mencoba mengukur luas SPBU ini dan hasilnya panjang sisi selatan 64 m, sisi utara 70 m, sisi timur 63 m dan sisi barat atau depan 60 m. Setelah selesai isi BBM kamipun melanjutkan perjalanan ke menuju Kota Wonosari dan langsung ke Kota Yogyakarta. Di sepanjang perjalanan terlihat mulai banyak mobil pribadi dengan plat polisi luar kota menuju Wonosari dan tempat-tempat wisata yang ada di Gunungkidul.

Jam 09.30 kami tiba di pintu gerbang kebun binatang. Di sini ada papan informasi yang isinya bahwa syarat untuk dapat masuk ke kebun binatang adalah sudah harus divaksin COVID-19 dan harus bersedia memenuhi protokol kesehatan 5M. Untuk harga tiketnya, dapat dilihat di papan informasi berikut :

sumber : http://www.gembiralokazoo.com

Di halaman depan kebun binatang juga disediakan peta sebagai informasi mengenai lokasi hewan-hewan ditempatkan, juga jadwal pertunjukkan edukasi tentang hewan tertentu.

sumber : http://www.gembiralokazoo.com

Begitu masuk ke kebun binatang yang luas ini, aku langsung teringat materi pelajaran IPA tentang klasifikasi makhluk hidup, khususnya klasifikasi hewan. Pak guru pernah menjelaskan bahwa untuk mempelajari makhluk hidup dengan lebih baik, para ilmuwan mengklasifikasikan (mengatur) mereka ke dalam serangkaian kelompok sesuai dengan fitur yang mereka bagikan. Di tingkat tertinggi sistem klasifikasi adalah kerajaan (kingdom), yang merupakan pengelompokan terbesar.

Hewan merupakan salah satu dari lima kerajaan di dunia makhluk hidup. Yang lainnya adalah tumbuhan, jamur, bakteri, dan protista (alga dan makhluk hidup bersel tunggal lainnya). Kerajaan hewan dibagi lagi menjadi kategori yang lebih kecil. Semakin kecil kategorinya,semakin sedikit hewan yang ada di dalamnya dan semakin banyak kesamaan yang mereka miliki. Spesies adalah pengelompokan terkecil dari semuanya, hanya berisi satu jenis hewan.

Berikut contoh klasifikasi Beruang Coklat :

Oh ya teman-teman, di bonbin ini hewan dan tanamannya juga dituliskan nama ilmiahnya. Aku teringat penjelasan Pak Guru bahwa penulisan nama ilmiah pada hewan dan tanaman dimaksudkan agar kita tidak salah menyebut nama hewan dan tanaman tertentu dalam satu genus / marga yang mempunyai banyak kemiripannya. Nama ilmiah dari hewan maupun tanaman dibuat dalam 2 kata dalam bahasa Latin. Kata pertama menunjuk Genus / marga dari hewan / tanaman tersebut, sedangkan kata keduanya menunjuk pada spesies-nya. Sebagai contoh, Beruang Coklat di atas nama ilmiahnya adalah Ursus arctos, dimana Ursus adalah Genus dari Beruang Coklat dan Arctos adalan Spesies-nya.

Pada saat aku berjalan keliling dari satu tempat ketempat lainnya, ternyata hewan-hewan di bonbin ini ditempatkan sesuai kelompok / tingkat kelas – nya masing-masing. Berikut beberapa koleksi hewan-hewan di bonbin Gembiraloka yang dikelompokkan berdasarkan tingkat klasifikasi KELAS.

  1. Kelas Amfibia



2. Kelas Reptilia

3. Kelas Mamalia

4. Kelas Aves

5. Kelas Pisces

Setelah puas melihat-lihat berbagai koleksi hewan yang ada di bonbin ini, kamipun masuk ke kantin untuk makan minum biar badan kembali segar untuk menikmati berbagai fasilitas menarik yang ada dan ditawarkan oleh pengelola bonbin ini. Nah, mau tahu cerita berikutnya? Tunggu seri keduanya ya!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s